24th September 2020: PostgreSQL 13 Released!
This page in: Chinese / English / French / German / Hebrew / Indonesian / Japanese / Korean / Polish / Portuguese / Russian / Spanish

PostgreSQL 13 Press Kit

Contents

Original Press Release

PostgreSQL 13 Released!

Grup PostgreSQL Global Development mengumumkan peluncuran PostgreSQL 13, versi terbaru dari database open source tercanggih di dunia.

PostgreSQL 13 menyertakan peningkatan secara signifikan pada pengindeksan dan sistem pencarian yang sangat menguntungkan database berukuran besar, termasuk juga penghematan ruang penyimpanan dan peningkatan kinerja indeks, respon lebih cepat terhadap kueri yang menggunakan agregat atau partisi, perencanaan kueri yang lebih baik dengan menggunakan statistik yang disempurnakan, dan banyak lagi.

Bersama dengan fitur yang sudah ditunggu-tunggu seperti proses vacuum secara parallel dan penyortiran bertahap, PostgreSQL 13 memberikan pengalaman manajemen data yang lebih baik untuk beban kerja yang besar maupun kecil, beserta optimasi dalam administrasi harian, kemudahan untuk pengembang aplikasi dan berbagai peningkatan keamanan.

"PostgreSQL 13 menampilkan kolaborasi dan dedikasi komunitas global kami dalam memajukan kemampuan database relasional dan open source tercanggih di dunia", kata Peter Eisentraut, sebagai anggota tim inti PostgreSQL. "Inovasi dari setiap rilis bersama dengan reputasinya untuk keandalan dan stabilitas adalah alasan mengapa lebih banyak orang memilih untuk menggunakan PostgreSQL untuk aplikasi mereka".

PostgreSQL, sebuah sistem manajemen data yang inovatif dan diakui keandalan dan ketahanannya, telah memanfaatkan lebih dari 25 tahun pengembangan secara open source dari global developer community dan telah menjadi database relasional open source pilihan untuk semua bentuk organisasi.

Peningkatan Kinerja

Melalui pengembangan pekerjaan dari rilis PostgreSQL sebelumnya, PostgreSQL 13 mampu menangani secara efisien duplikat data pada B-tree indeks, yang merupakan indeks standard database. Dengan begitu, penggunaan keseluruhan ruang penyimpanan yang dibutuhkan B-tree indeks dapat berkurang sementara kinerja kueri secara keseluruhan semakin membaik.

PostgreSQL 13 memperkenalkan penyortiran inkremental, dimana di dalam sebuah kueri, data yang sudah diurutkan di langkah awal dapat mempercepat penyortiran di langkah selanjutnya. Selain itu, PostgreSQL dapat menggunakan sistem statistik yang dilengkapi (diakses melalui CREATE STATISTICS) guna membuat rancangan yang lebih baik untuk kueri dengan klausa OR dan pencarian IN / ANY atas berbagai daftar.

Di dalam PostgreSQL 13, lebih banyak lagi tipe kueri agregat dan kumpulan dari pengelompokan yang dapat memanfaatkan fungsionalitas agregasi hash yang efisien dari PostgreSQL. Hal ini dikarenakan kueri dengan agregat besar tidak harus sepenuhnya masuk ke dalam memori. Kueri dengan tabel yang dipartisi telah memperoleh peningkatan kinerja, karena meningkatnya kasus dimana partisi dapat dipangkas dan dapat langsung digabungkan.

Pengoptimalan Administrasi

Proses vacuum adalah bagian penting dari administrasi PostgreSQL, yang memungkinkan database untuk klaim ruang penyimpanan kembali setelah baris diperbarui dan dihapus. Proses ini masih menjadi tantangan administratif, meskipun rilis PostgreSQL sebelumnya telah berhasil meringankan overhead dari proses vacuum.

PostgreSQL 13 terus meningkatkan sistem vacuum dengan memperkenalkan vacuum paralel untuk indeks. Selain meningkatkan kinerja dari proses vacuum, penggunaan dari fitur terbaru ini juga dapat disesuaikan terhadap beban kerja tertentu dengan cara memilih jumlah pekerja paralel yang ingin dijalankan. Selain manfaat kinerja sekarang adapun juga, penyisipan data dapat memicu proses autovacuum.

Slot replikasi, yang digunakan untuk mencegah Write-Ahead Logs (WAL) dihapus sebelum mereka diterima oleh replika, dapat dikonfigurasi di PostgreSQL 13 untuk menentukan jumlah maksimum file WAL untuk disimpan dan membantu menghindari terjadinya penuhnya disk.

PostgreSQL 13 juga menambahkan lebih banyak cara bagi admin untuk memantau aktivitas database, termasuk mereferensikan statistik penggunaan WAL dari EXPLAIN, perkembangan streaming base backup, dan perkembangan perintah ANALYZE. Selain itu, integritas dari hasil perintah pg_basebackup dapat diperiksa menggunakan perintah baru yaitu pg_verifybackup.

Kemudahan dalam Pengembangan Aplikasi

PostgreSQL 13 memudahkan untuk bekerja dengan tipe data PostgreSQL yang datang dari sumber data yang berbeda. Rilis ini menambahkan fungsi datetime() ke dukungan jalur SQL/JSON-nya, guna mengubah format waktu yang valid (contohnya string ISO 8601) ke tipe natif PostgreSQL. Selain itu, fungsi generator UUID v4, gen_random_uuid(), sekarang tersedia tanpa harus memasang ekstensi apa pun.

Sistem partisi PostgreSQL sekarang lebih fleksibel, karena tabel yang dipartisi sepenuhnya mendukung logical replication dan trigger BEFORE di tingkat baris.

Sintaks FETCH FIRST di PostgreSQL 13 sekarang diperluas untuk menyertakan klausa WITH TIES. Ketika ditentukan, WITH TIES akan menyertai baris yang "terikat" dengan baris terakhir dalam set hasil, berdasarkan klausa ORDER BY.

Peningkatan Keamanan

Sistem ekstensi PostgreSQL adalah kunci dari ketahanannya yang memungkinkan pengembang untuk memperluas fungsinya. Di dalam rilis sebelumnya, ekstensi baru hanya dapat dipasang oleh superuser database. Agar memudahkan pemanfaatan ekstensibilitas PostgreSQL, PostgreSQL 13 menambahkan konsep "ekstensi tepercaya," yang memungkinkan pengguna database untuk memasang ekstensi yang ditandai oleh superuser sebagai "terpercaya." Adapula ekstensi bawaan yang sudah ditandai sebagai "terpercaya", termasuk pgcrypto, tablefunc, hstore, dan lainnya.

Untuk aplikasi yang membutuhkan metode otentikasi aman, PostgreSQL 13 memperbolehkan klien untuk meminta pengikatan saluran saat menggunakan otentikasi SCRAM, dan Foreign Data Wrapper PostgreSQL (postgres_fdw) sekarang dapat menggunakan otentikasi berbasis sertifikat.

Tentang PostgreSQL

PostgreSQL adalah database open source paling canggih di dunia, dengan komunitas global dari ribuan pengguna, kontributor, perusahaan dan organisasi. Dibangun melalui pengembangan selama lebih dari 30 tahun, dimulai di University of California, Berkeley, PostgreSQL telah berlangsung dengan kecepatan pengembangan yang tak tertandingi. Kumpulan fitur yang matang dari PostgreSQL tidak hanya bersaing dengan sistem database proprietary teratas, tetapi melampaui mereka dalam kecanggihan fitur database, ekstensibilitas, keamanan, dan stabilitas.

About PostgreSQL

PostgreSQL is the world's most advanced open source database, with a global community of thousands of users, contributors, companies and organizations. Built on over 30 years of engineering, starting at the University of California, Berkeley, PostgreSQL has continued with an unmatched pace of development. PostgreSQL's mature feature set not only matches top proprietary database systems, but exceeds them in advanced database features, extensibility, security, and stability.

Learn more about PostgreSQL and participate in our community at PostgreSQL.org.

More About the Features

For explanations of the above features and others, please see the following resources:

Where to Download

There are several ways you can download PostgreSQL 13, including:

Other tools and extensions are available on the PostgreSQL Extension Network.

Documentation

PostgreSQL 13 comes with HTML documentation HTML documentation as well as man pages, and you can also browse the documentation online in both HTML and PDF formats.

Licence

PostgreSQL uses the PostgreSQL License, a BSD-like "permissive" license. This OSI-certified license is widely appreciated as flexible and business-friendly, since it does not restrict the use of PostgreSQL with commercial and proprietary applications. Together with multi-company support and public ownership of the code, our license makes PostgreSQL very popular with vendors wanting to embed a database in their own products without fear of fees, vendor lock-in, or changes in licensing terms.

Contacts

Website

Email

Images and Logos

PostgreSQL Logo

All logos are available for modification and redistribution under The PostgreSQL Licence. The PostgreSQL name and logo are trademarks of The PostgreSQL Community Association of Canada.

Corporate Support

PostgreSQL enjoys the support of numerous companies, who sponsor developers, provide hosting resources, and give us financial support. See our sponsors page for some of these project supporters.

There is also a large community of companies offering PostgreSQL Support , from individual consultants to multinational companies.

If you wish to make a financial contribution to the PostgreSQL Global Development Group or one of the recognized community non-profit organizations, please visit our donations page.